Polisi: Mahasiswi Tewas Tergantung pada H-2 Pernikahan Murni Bunuh Diri – detikNews

Banda Aceh – Kapolresta Banda Aceh Kombes Trisno Riyanto memastikan mahasiswi asal Nagan Raya, Aceh, berinisial LY (25) yang ditemukan tewas tergantung murni bunuh diri. Hasil visum, tidak ditemukan tanda kekerasan pada tubuh korban.

“Hasil pemeriksaan terhadap beberapa saksi yang ada dan hasil visum oleh ahli forensik di rumah sakit, bisa disampaikan bahwa ini tidak ada tanda-tanda kekerasan. Bisa kita simpulkan bahwa ini bunuh diri,” kata Trisno kepada wartawan di Mapolresta Banda Aceh, Kamis (22/8/2019).

Menurut Trisno, polisi sudah memeriksa sejumlah saksi untuk mengungkap penyebab kematian LY. Saksi yang diperiksa di antaranya orang tua korban, calon suaminya termasuk saksi yang pernah menemukan korban.




Trisno menduga, masalah yang menyebabkan LY bunuh diri yaitu sesuai yang tertulis di surat wasiat. Surat tulis tangan itu ditemukan di kamar kos tempat LY ditemukan gantung diri.

“Masalah dari surat yang ada bisa kita lihat kira-kira itu masalahnya. Tapi kita masih mencocokkan tulisan itu dengan tulisan korban,” ungkap Trisno.

Usai divisum di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh, jenazah LY dibawa pulang ke rumah duka di Nagan Raya. Korban sudah dikebumikan pagi tadi di kampung halamannya.

“Hasil penyelidikan kita dan pemeriksaan dokter murni bunuh diri,” beber Trisno.

Seperti diketahui, LY diketahui tergantung di pintu kamar kosnya di Desa Meunasah Papen, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, pada Selasa (21/8) sekitar pukul 13.00 WIB. Kapolsek Krueng Barona Jaya Iptu M Hasan mengatakan, berdasarkan keterangan saksi, dua hari lagi rencananya korban hendak melangsungkan pernikahan.

“Iya tanggal 23 ini dia mau menikah, tapi kita nggak tahu dengan siapa dia nikah. Yang kita dengar seperti itu,” kata Hasan.

Korban ditemukan tewas tergantung. Di kamar juga ditemukan secarik surat wasiat. Surat tersebut berisi permintaan maaf yang ditujukan kepada ibundanya. LY juga meminta maaf ayah dan adiknya serta meminta maaf kepada seorang pria.

“Benar ditemukan surat dekat jendela, tapi apa benar dia yang tulis atau bukan sedang proses pemeriksaan lebih lanjut,” kata Camat Krueng Barona Jaya, Salamuddin saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (21/8).
(agse/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Posted in Berita | Leave a comment

Respons Bappenas Soal Kaltim Jadi Ibu Kota Baru – CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang P.S Brodjonegoro menanggapi pernyataan terkait lokasi ibu kota baru pengganti DKI Jakarta yang disebut-sebut akan berada di Kalimantan Timur.

Menurut dia, pemerintah belum menentukan lokasi pasti ibu kota baru secara final, lantaran masih ada dua aspek kajian yang dilakukan. Bila sudah rampung, baru Bappenas akan menyampaikannya ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Belum ditentukan (lokasi ibu kota baru), masih ada dua kajian, terkait struktur tanah dan dampak ekonomi,” ungkap Bambang soal kajian yang masih difinalisasi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (22/8).

Khusus untuk dampak ekonomi, sambungnya, pemerintah ingin pemilihan lokasi pasti mampu memberikan dampak ekonomi yang besar bagi Indonesia. Mulai dari meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi kesenjangan antar daerah, hingga menciptakan lapangan kerja.

Dalam kesempatan berbeda, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengaku akan menerima masukan dari semua pihak untuk desain ibu kota negara yang baru, pengganti DKI Jakarta. Saat ini, Kementerian bertanggung jawab atas desain ibu kota telah merampungkan gagasan atau konsep awal desain ibu kota.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan desain itu berpeluang untuk berubah jika ada masukan dari berbagai pihak. Kementerian PUPR sendiri telah melemparkan gagasan tersebut kepada ahli perencana, arsitektur, ahli rancang bangun kota, dan lainnya. Harapannya, para ahli akan memberikan masukan terbaik untuk desain ibu kota baru.

“Ini gagasan jadi bisa menerima masukan, nanti ada komentar baru,” katanya kepada CNNIndonesia.com.

Namun, ia tidak bisa memastikan waktu desain ibu kota bisa ditetapkan. Ia mengatakan desain ibu kota juga akan menunggu pengumuman lokasi resmi dari pemerintah.

“Prosesnya bukan sehari dua hari, jadi perlu waktu karena kami sendiri belum tahu lokasi dimana,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil membenarkan bahwa lokasi ibu kota baru akan berada di Provinsi Kalimantan Timur. Meski begitu, pemerintah masih menutup rapat informasi terkait kawasan yang benar-benar akan menjadi ibu kota pengganti DKI Jakarta.

“Iya Kalimantan Timur, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana ya belum,” ungkap Sofyan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8).

Sofyan mengatakan pemerintah belum ingin terang-terangan membuka di mana lokasi pasti ibu kota baru karena ingin lebih dulu memastikan kesiapan lahan di kawasan tersebut. Sebab, pemerintah membutuhkan luasan tanah yang tak sedikit untuk membangun Istana Negara dan berbagai kelengkapan pemerintahan.

Perkiraan Sofyan, setidaknya dibutuhkan tanah seluas 200 ribu sampai 300 ribu hektare. Selain itu, pemerintah juga masih perlu menutup rapat lokasi persis ibu kota baru demi menghindari aksi spekulasi harga tanah oleh segelintir oknum.

[Gambas:Video CNN] (uli/uli)

Posted in Berita | Leave a comment

Warga Papua Bersatu Bersihkan Sisa Kerusuhan – Republika Online

Warga Papua Bersatu Bersihkan Sisa Kerusuhan

REPUBLIKA.CO.ID, — Kondisi RT 02/03, Jalan Pendidikan, Kelurahan Klabulu, Distrik Malaimsimsa, Kota Sorong, Papua Barat, pada Rabu (21/8) jauh berbeda dari hari sebelumnya. Tak ada lagi pembakaran, tak ada teriakan-teriakan mengancam, tak ada lemparan batu dan gas air mata.

Sejak pagi hari warga di wilayah itu bersama-sama membersihkan palang jalan yang sebelumnya dipasang dalam aksi unjuk rasa menolak rasialisme yang berujung ricuh pada 19-20 Agustus 2019.

Di Jalan Pendidikan, Kelurahan Klabulu, belasan warga dari berbagai latar belakang suku dan agama bersatu bergotong royong membersihkan puing-puing kayu dan ban yang dibakar di tengah jalan. Lurah Klabulu Antonia Iek menjelaskan, kebersamaan warga Kelurahan Klabulu ini menunjukkan kepada dunia bahwa warga Papua cinta kedamaian dan persatuan bangsa.

“Terlebih khusus Kelurahan Klabulu menghargai perbedaan suku, ras, dan agama sebagai bangsa Indonesia,” kata dia, kemarin.

Suasana di Kota Sorong memang sudah mulai kondusif kemarin. Demikian juga dengan kondisi di Manokwari, ibu kota Papua Barat. “Alhamdulillah, kondisi di Manokwari sudah kembali normal, sampah-sampah yang berserakan di jalan sudah dibersihkan oleh TNI, Polri, ASN dan masyarakat. Alhamdulillah, hari ini sudah berangsur normal,” kata Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua Barat Ustaz Ahmad Nausrau saat dihubungi Republika, Rabu.

Ia menjelaskan, untuk meredam gejolak di Papua, harus ada langkah hukum terhadap orang-orang yang diduga melakukan ujaran kebencian dan rasialisme. Ustaz Ahmad juga menyesalkan terjadinya perusakan fasilitas umum di sejumlah daerah di Tanah Papua.

“Provokator, pihak yang sengaja membuat keributan yang berujung pada tindakan anarkisme dan pembakaran, diserahkan ke aparat penegak hukum untuk mencari siapa dalang di balik kerusuhan,” ujarnya.

Bagaimanapun, ketenangan di Sorong dan Manokwari tak menggambarkan kondisi secara keseluruhan di Papua. Aksi unjuk rasa yang juga berujung kericuhan pada saat yang bersamaan terjadi di Fakfak, Papua Barat; dan Timika, Papua.

Di Fakfak, menurut warga setempat Jumat Patipi, massa sempat melakukan pembakaran di Pasar Tambaruni. “Sempat juga ada kasi naik bendera Bintang Kejora di kantor Lembaga Adat Papua di Kota Baru,” ujar dia.

Aksi pengibaran bendera tersebut kemudian dihentikan oleh sekelompok warga lain yang tergabung dalam Barisan Merah Putih. Massa aksi tandingan ini, kata Jumat Patipi, datang dari Wagom, Tanama, Pasir Putih, Kokas, dan sejumlah wilayah lain di Fakfak.

“Itu mereka datang bawa bendera Merah Putih terus kasi bubar aksi. (Warga pendatang) dari (Pulau) Seram juga ikut,” kata dia.

Fakfak memang memiliki demografi agak berbeda dengan wilayah-wilayah lain di Papua dan Papua Barat. Wilayah itu terbilang lebih dahulu kedatangan penduduk dari Maluku dan Sulawesi daripada daerah lainnya di tanah Papua.

Kapolres Fakfak AKBP Deddy Four Millewa mengatakan, aksi di Fakfak bukan sekadar aksi yang dilakukan oleh mahasiswa maupun masyarakat saja. Ia menilai aksi itu terorganisasi. “Ini campuran, jadi ada terorganisasi kelompok-kelompok terorganisasi berbau politis, seperti OPM (Organisasi Papua Merdeka) dan organisasi Bintang Kejora dan lain-lain,” kata dia saat dihubungi Republika, Rabu.

Ia mengatakan, dalam aksi di Fakfak, kepolisian menemukan atribut bendera Bintang Kejora yang selama ini menjadi simbol perlawanan dan kemerdekaan Papua Barat.

“Tadi yang dibawa ada berapa, ya, saya tidak bisa hitung, tapi ada banyak juga, tapi yang didirikan satu di kantor Dewan Adat sebagai simbol,” ujar Deddy.

Deddy menyebut sempat muncul pula ketersinggungan saat Bupati Fakfak Mohammad Uswanas dipaksa memegang bendera Bintang Kejora. Saat itu, kata Deddy, ada pihak lain yang merasa tersinggung saat bupati dipaksa sehingga sempat terjadi bentrok antarwarga. “Sudah konsolidasi semua pihak untuk amankan dua kubu, ada bentrok antara dua kubu,” ucap Deddy.

Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani juga mengatakan, ada indikasi kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Fakfak ditunggangi oleh sejumlah kelompok. “Mungkin kelompok kriminal, kelompok anak-anak nakal yang selama ini suka melakukan kriminal dan menanti momen melakukan penjarahan dan kegiatan semacam ini,” ujar Mohamad Lakotani ketika dikonfirmasi Republika.

Sedangkan, di Timika, menurut Khuzumaetin, warga Apiri, warga sedianya beraktivitas dengan normal pada Rabu (21/8). Kendati demikian, pada pukul 09.00 WIT mulai terdengar kabar aksi akan dilakukan. Sejak itu, anak-anak sekolah dan pegawai seluruhnya dipulangkan. “Di depan rumah ini orang jual bensin juga langsung kasi masuk semua,” ujarnya.

Menurut dia, ratusan warga bergerak ke gedung DPRD dan melakukan pelemparan. Hingga menjelang sore, aksi masih terus digelar. Warga pendatang maupun tempatan yang tak mengikuti aksi sejauh ini masih takut keluar rumah.

Pada ujung hari, aparat Polres Mimika dibantu TNI mengamankan sekitar 45 orang pelaku tindakan anarkistis di halaman DPRD Mimika. Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan, sebanyak 20 orang diamankan setelah merusak Hotel Grand Mozza di Jalan Cenderawasih.

Beberapa lainnya diamankan setelah melemparkan batu ke fasilitas kantor DPRD Mimika dan aparat keamanan, sekitar 15 orang lainnya diketahui merupakan aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB). “Totalnya ada 45 orang yang kami amankan untuk dilakukan proses penegakan hukum, sebab tidak dibenarkan melakukan kegiatan unjuk rasa anarkistis dengan cara melakukan perusakan seperti tadi,” kata AKBP Agung.

Masyarakat adat Kabupaten Biak Numfor, Papua, yang tergabung dalam forum peduli keadilan Papua juga menuntut pemerintah segera mengusut tuntas pelaku ujaran rasialisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

“Kami, warga Biak Numfor, menolak segala bentuk aksi rasialisme terhadap orang asli Papua, terutama yang dialami mahasiswa di Surabaya dan Malang,\” kata Ketua Forum Keadilan untuk Papua Biak Willem Rumpaidus dalam demonstrasi damai di kantor bupati Biak di Jalan Majapahit, Rabu.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengatakan, adanya perlakuan rasial terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang serta beberapa daerah lain di Pulau Jawa telah menimbulkan gejolak sosial bagi warga Papua di sejumlah daerah. Selepas menjanjikan akan meneruskan aspirasi massa, para pengunjuk rasa membubarkan diri dengan damai.

Posted in Berita | Leave a comment

Tak Hanya Satu Video, Polisi Temukan 50 Adegan Syur ‘Vina Garut’ – Makassar Terkini – Makassar Terkini

Terkini.id, Garut – Video syur ‘Gangbang’ 3 in 1 yang menyeret biduan asal Garut, Jawa Barat, Vina, masih menjadi perbincangan hangat publik Tanah Air hingga saat ini.

Pasalnya, dalam video panas tersebut memperlihatkan satu pelaku perempuan yakni Vina yang masih berusia belasan tahun, digilir tiga pelaku laki-laki.

Pihak kepolisian sampai saat ini masih terus mendalami kasus ini. Polisi sendiri telah berhasil menetapkan tiga tersangka dalam kasus tersebut. Namun dari tiga tersangka, polisi hanya menahan dua orang.

Dari penuturannya di hadapan polisi, Vina mengaku diminta suaminya melakukan adegan hubungan badan dengan tiga pria, termasuk sang suami, Rayya yang juga ditetapkan sebaga tersangka.

Vina GarutVina Garut
Vina Garut dan suaminya, Rayya. (Foto: Istimewa)

Vina terpaksa menuruti keinginan suaminya, Rayya

Vina mengaku terpaksa menuruti kemauan suaminya karena untuk menjaga keutuhan rumah tangganya. Rayya bahkan mengancam akan berhubungan dengan wanita lain jika Vina tidak mau.

Vina akhirnya terpaksa menuruti keinginan suaminya tersebut. Vina takut ditinggalkan oleh suaminya. Apalagi ia sudah tak tinggal dengan orang tuanya. Ia mengaku hidupnya saat itu bergantung pada Rayya.

“Saya mikirnya kalau ditolak pasti dimarahi. Apalagi suami terus minta. Pertamanya saya tolak. Tapi dia mendesak terus,” kata Vina di Mapolres Garut, dikutip dari Merdeka, Rabu 21 Agustus 2019.

Vina juga menyebut tak mengenal para pria yang berada dalam videonya. Ia bertemu semua lelaki itu di sebuah hotel.

Seingatnya, ia pernah tiga kali berhubungan dengan lebih dari dua pria. Dua kali dilakukannya di sebuah hotel di kawasan Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler. Satu lagi dilakukan di sebuah tempat kos di Wanaraja.

“Ada yang dua orang (pria). Ada juga yang lebih dari dua (pria),” kata Vina.

Vina GarutVina Garut
Puluhan video syur Vina Garut. (Foto: Istimewa)

Polisi temukan 50 video syur Vina

Polisi sendiri memastikan tersangka Rayya dalam kasus video tersebut positif mengidap penyakit HIV dan stroke. Hasil itu berdasarkan pemeriksaan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut.

Kasatreskrim Polres Garut, AKP Maradona Armin Mappaseng juga membenarkan tersangka Rayya telah dinyatakan positif mengidap HIV.

“Iya betul sudah positif. Untuk dua pelaku lain negatif,” ujar Maradona.

Dua pelaku lain yang dimaksud negatif adalah Vina pelaku wanita, dan Willy pelaku pria.

Dari hasil penyelidikan polisi juga terungkap di dalam ponsel Rayya masih banyak tersimpan video Vina Garut.

Tak hanya satu hingga dua video, terhitung ada 50 video Vina sedang beradegan syur di HP Rayya.

“Kami hanya masukkan satu atau dua video. Yang tren hanya dua video sesuai laporan aduan,” kata Kapolres Garut.

Posted in Berita | Leave a comment

Kebakaran Hutan Amazon Tahun Ini Capai Rekor Terbesar – ayobandung.com

Sungai Amazon. (Michael Vite/Pixabay)

BRASIL, AYOBANDUNG.COM—Kebakaran besar di hutan Amazon sebagian besar berada di kawasan lembah. Kebakaran di hutan tropis terbesar di dunia itu mencapai rekor terbesarnya tahun ini. Besarnya kebakaran membuat sejumlah negara terdekat mengumumkan keadaan darurat.

Tagar Pray for Amazonas menjadi topik teratas dunia di Twitter, Rabu (21/8/2019). Tak hanya itu, jutaan pengguna berbagi ke platform Instagram dan Facebook untuk menujukkan keprihatinan tentang masa depan Amazon.

AYO BACA : Kawasan Hutan Jabar, Potensi Bisnis yang Menguntungkan

Dengan meningkatnya kesadaran global, pernyataan Presiden Brasil Jail Bolsonaro yang menyalahkan LSM dari kebakaran hutan Amazon, menciptakan krisis bagi pemerintahannya. Hal itu dinilai membahayakan pakta perdagangan Uni Eropa-Mercosur serta mengecewakan klien agribisnis utamanya.

Dilansir Independent.ie., sejak Kamis pekan lalu, Institut Nasional untuk Penelitian Luar angkasa (Inpe) menunjukkan data satelit yang mencatat 9.507 kebakaran hutan terbaru di negara Brasil. Sebagian besar berada di lembah Amazon. Amazon dikenal sebagai rumah bagi hutan tropis terbesar di dunia yang dianggap penting untuk melawan pemanasan global.

AYO BACA : Wiranto Sebut Penegakan Hukum Pembakar Hutan Kurang Tegas

Gambar satelit juga menunjukkan negara bagian utara Roraima tertutup asap gelap. Amazonas mengumumkan keadaan darurat di selatan negara bagian itu dan di ibu kotanya, Manaus pada 9 Agustus. Acre, yang berada di perbatasan dengan Peru juga berada status waspada terhadap lingkungan sejak Jumat karena kebakaran. Kebakaran juga meningkat di negara bagian perbatasan pertanian Brasil, Mato, dan Para.

Data Badan Antariksa Baru mencatat, jumlah kebakaran hutan hujan terbesar di dunia yang berada di Brasil telah mencapai rekor. Inpe mengatakan, data satelit menujukkan peningkatan 84 persen pada periode yang sama pada 2018.

“Tidak ada yang abnormal tentang iklim tahunan tahun ini atau curah hujan di wilayah Amazon, yang hanya sedikit di bawah rata-rata,” ujar peneliti Inpe, Alberto Setzer.

Sebagian orang kerap menyalahkan musim kemarau sebagai penyebab kebakaran hutan di Amazon. Namun, menurut Setzer hal itu tidak cukup akurat untuk dijadikan alasan. “Musim kemarau menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk penggunaan dan penyebaran api, tetapi titik mulai nyala api adalah pekerjaan manusia, baik sengaja atau tidak sengaja,” kata Setzer.

Gelombang kebakaran di beberapa negara bagian Amazon bulan ini terkait laporan bahwa para petani sengaja melakukan pembakaran untuk membuka lahan pertanian dan peternakan. Kendati demikian, Bolsonaro menilai kebakaran disebabkan oleh LSM yang tidak bertanggung jawab tanpa memberikan bukti nyata. Baru-baru ini, ia memecat direktur Inpe setelah mengkritik statistik agensi yang menunjukkan peningkatan deforestasi di Brasil. Bolsonaro mengatakan laporan Inpe tidak akurat.

AYO BACA : Hutan di Gunung Guntur Kebakaran, Polisi Selidiki Penyebabnya

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Posted in Berita | Leave a comment

Rusia akan Balas Uji Coba Rudal AS – Republika Online

Rusia menilai uji coba rudal AS terlalu cepat setelah menarik diri dari INF.

REPUBLIKA.CO.ID, HELSINKI – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan uji coba rudal jelajah darat yang dilakukan Amerika Serikat (AS) akhir pekan lalu telah meningkatkan ancaman terhadap negaranya. Dia menjamin bahwa Rusia akan mengambil respons yang tepat.

Putin menduga AS telah mempersiapkan dan membangun sistem rudalnya sebelum resmi hengkang dari perjanjian Intermediate-range Nuclear Forces (INF) pada 2 Agustus lalu. “Amerika telah menguji rudal ini terlalu cepat setelah menarik diri dari perjanjian. Itu memberi kami alasan kuat untuk percaya bahwa mereka telah mulai bekerja untuk mengadaptasi rudal jauh yang diluncurkan di laut sebelum mereka mulai mencari alasan untuk memilih keluar dari perjanjian,” ujarnya setelah melakukan pembicaraan dengan Presiden Finlandia Sauli Niinsto pada Rabu (21/8).

Menurut Putin, rudal yang diuji AS dapat diluncurkan dari peluncur yang telah ada di Rumania dan akan berlokasi di Polandia dalam waktu dekat. “Cukup hanya dengan mengubah perangkat lunak (untuk peluncuran jenis baru). Bagi kami ini berarti ada ancaman baru yang harus kita tanggapi dengan tepat,” ucapnya.

Putin mengatakan, negaranya akan bekerja untuk merancang rudal seperti yang diuji AS. Namun dia menegaskan bahwa Rusia tidak akan menyebarkan rudal yang sebelumnya dilarang dalam perjanjian INF ke daerah mana pun sebelum AS melakukan terlebih dahulu.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov juga telah menyampaikan keprihatinan atas uji coba rudal yang dilakukan AS. “Semua itu disesalkan. AS jelas telah menetapkan arah untuk meningkatkan ketegangan militer. Kami tidak menyerah pada provokasi,” kata Ryabkov, dilaporkan laman kantor berita Rusia, TASS.

Menurutnya, uji coba rudal itu membuktikan bahwa AS telah mengembangkan sistem tersebut cukup lama. “Hampir tidak ada konfirmasi yang lebih jelas dan lebih eksplisit tentang fakta bahwa AS telah mengembangkan sistem semacam itu untuk waktu yang lama, dan persiapan untuk menarik diri dari perjanjian termasuk, khususnya, penelitian, serta pengembangan yang relevan,” ujarnya.

China telah mengkritik uji coba rudal jelajah darat yang dilakukan AS. Beijing menilai hal itu akan memiliki dampak negatif serius bagi situasi keamanan internasional dan regional. “Langkah ini dari AS akan memicu putaran baru perlombaan senjata yang mengarah pada peningkatan konfrontasi militer,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Geng Shuang, dikutip laman the Guardian, Selasa (20/8).

Dia berpendapat, Washington harus melepaskan mentalitas perang dinginnya. “AS harus melakukan lebih banyak hal yang kondusif bagi perdamaian dan ketengan internasional serta regional,” ujar Geng.

Pada Ahad pekan lalu, AS melakukan uji coba rudal jelajah Tomahawk berkemampuan nuklir di Pulau San Nicolas, Kalifornia. Menurut Pentagon, rudal berhasil menjangkau dan mengenai target setelah menempuh jarak lebih dari 500 kilometer. “Data yang dikumpulkan dan pelajaran yang diperoleh dari tes ini akan memberi informasi kepada Departemen Pertahanan untuk mengembangkan kemampuan rudal jarak menengah di masa mendatang,” kata Pentagon.

Uji coba itu dilakukan setelah AS resmi keluar dari perjanjian INF. INF merupakan perjanjian yang ditandatangani Rusia dan AS pada 1987.  Perjanjian itu melarang kedua negara untuk memproduksi serta memiliki rudal nuklir dengan daya jangkau 500-5.500 kilometer.

Bubarnya perjanjian INF telah memicu kekhawatiran dari negara-negara Eropa. Sebab, selama ini, INF telah dianggap sebagai fondasi keamanan di kawasan tersebut. 

sumber : AP
Posted in Berita | Leave a comment

Jokowi dan Wajah Politik Indonesia – SATU MEJA – KOMPASTV


Posted in Berita | Leave a comment

Pihak Fera Minta Keluarga Prada DP Diadili karena Diduga Terlibat Mutilasi Korban – KOMPAS.com

PALEMBANG, KOMPAS.com – Pihak keluarga Fera Oktaria (21), korban pembunuhan disertai mutilasi oleh Prada DP, meminta agar keluarga terdakwa ikut diadili secara hukum lantaran diduga ikut terlibat dalam aksi sadis tersebut.

Bibi Fera, Rusnah (45) mengatakan, keterangan saksi yang dihadirkan dalam sidang, semua keterlibatan keluarga Prada DP telah terungkap.

Seperti mengetahui aksi pembunuhan, bahkan uang untuk Prada DP selama pelarian.

“Mereka semua tahu dari awal kalau keponakan saya sudah dibunuh. Tapi mereka bungkam, mereka itu ikut terlibat harus dihukum,” kata Rusnah usai sidang di Pengadilan Militer I-04 Palembang, Kamis (22/8/2019).

Baca juga: Prada DP Menangis Dituntut Penjara Seumur Hidup dan Dipecat dari Satuan

Rusnah mengatakan, kecurigaan keluarga muncul lantaran sampai saat ini saksi bernama Dodi tak diketahui keberadaannya, sehingga tidak bisa dihadirkan dalam sidang.

Dodi diketahui adalah paman dari Prada DP. Ia merupakan orang pertama yang mengetahui aksi keji tersebut.

Selain itu, Dodi sempat memberikan kantong plastik kepada Prada DP untuk memasukkan potongan tubuh Fera setelah dimutilasi.

Bukan hanya itu, Dodi juga meminta bantuan kepada temannya bernama Imam (sudah meninggal) untuk mencari solusi menghilangkan tubuh Fera.

Posted in Berita | Leave a comment

Siap Berdamai, Tim Pembela Ulama Minta Pelaporan Ustaz Abdul Somad Dicabut – Kompas TV

Tim pembela ulama dan aktivis meminta pelapor Ustaz Abdul Somad mencabut laporannya di kepolisian. Tim pembela ulama bersedia tidak memperpanjang masalah ini dan berakhir damai.

Pelaporan balik dilakukan terhadap pelapor Abdul Somad yaitu Sudiarto. Karena dinilai mencemarkan nama baik Ustaz Somad. Tim pembela ulama menghormati imbauan Majelis Ulama Indonesia agar persoalan berakhir dengan baik demi terciptanya toleransi.

#TimPembelaUlama #UstazAbdulSomad #LaporanPolisi

Posted in Berita | Leave a comment

Akar Masalah Defisit BPJS Kesehatan, Peserta yang Sudah Meninggal Pun Bisa Klaim… Halaman all – KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS com — Sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan masih jauh dari kata sempurna, padahal sistem ini sudah berjalan 5 tahun.

Berbagai masalah muncul dan pada akhirnya membuat defisit BPJS Kesehatan. Pada 2018, misalnya, defisit BPJS Kesehatan mencapai Rp 19,4 triliun.

Padahal, tidak terhitung berapa kali pemerintah menggelar rapat soal defisit BPJS Kesehatan, baik di tingkat menteri maupun tingkat kabinet yang dipimpin langsung presiden.

“Beberapa persoalan harus diatasi apabila ingin jaminan kesehatan nasional ini bisa berjalan berkelanjutan,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Dalam 4 tahun terakhir, pemerintah menyuntikkan dana Rp 25,7 triliun. Namun, defisit BPJS Kesehatan tetap menganga karena jumlahnya mencapai Rp 49,3 triliun sejak 2015.

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sudah menyelesaikan audit sistem JKN. Ada beberapa akar masalah yang membuat BPJS Kesehatan defisit.

Apa saja akar-akar masalah itu? Berikut seperti disampaikan Sri Mulyani.

1. Rumah sakit nakal

Berdasarkan audit, BPKP menemukan banyak rumah sakit rujukan yang melakulan pembohongan data. Hal ini terkait dengan kategori rumah sakit sebagai Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Pertama (FKRTL) BPJS Kesehatan.

Saat ini rumah sakit FKRTL memiliki kategori mulai dari A hingga D. Setiap kategori memiliki biaya per unit pasien yang berbeda. Biaya paling tinggi ialah kategori A dan paling rendah D.

Untuk mendapatkan penggantian dari BPJS Kesehatan, banyak rumah sakit yang menaikkan kategori.

Baca juga: Jokowi: BPJS Kesehatan dan JKN akan Dibenahi Secara Total…

“Misalnya D dia ngakunya C, B ngakunya A. Ini supaya dapat per unit lebih besar,” kata dia.

Agar hal ini tidak terjadi lagi, kata Sri Mulyani, Menteri Kesehatan dan jajarannya sedang melakukan review ulang kelas rumah sakit.

2. Layanan lebih banyak dari peserta

Audit BPKP juga mengungkap bahwa terjadi penggunaan layanan sebanyak 233,9 juta layanan, padahal total peserta JKN hanya 223,3 juta orang.

Rincian penggunaan layanan meliputi 147,4 juta layanan di puskesmas atau klinik, 76,8 juta layanan rawat jalan di rumah sakit, dan 9,7 juta layanan rawat inap.

3. Perusahaan main-main

Akar masalah defisit BPJS Kesehatan lainnya ialah ditemukannya upaya perusahaan mengakali iuran BPJS Kesehatan.

Saat ini perusahaan yang sudah mendaftar sebagai peserta berkewajiban membayarkan 4 persen dari 5 persen dari gaji pokok karyawan untuk iuran BPJS Kesehatan.

Agar bayar iuran yang lebih kecil, perusahaan melaporan jumlah karyawan lebih kecil dari jumlah sebenarnya kepada BPJS Kesehatan.

Selain itu, ada juga perusahaan yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan tetapi melaporkan gaji karyawan lebih kecil dari yang dibayarkan.

Tujuannya sama, yakni untuk mengurangi beban perusahaan di dalam membayarkan kewajiban, baik dari sisi badan usaha maupun pegawai.

4. Peserta aktif rendah

Audit BPKP juga menemukan bahwa tingkat kepesertaan aktif dari pekerja bukan penerima upah masih rendah, yaitu 53,7 persen. BPJS berjanji angka itu ke 60 persen.

5. Data tidak valid

Akar masalah selanjutnya ialah validitas dan integritas data BPJS Kesehatan. Hal ini disebabkan perpindahan sistem Akses, Jamkesda, dan Jamkesmas ke BPJS Kesehatan.

BPKP menemukan ada peserta yang harusnya tidak masuk sistem BPJS Kesehatan justru masuk ke dalam sistem. Selain itu, ditemukan juga peserta yang tidak memiliki NIK, bahkan nama ganda.

“BPJS terus melakukan pembersihan dan kami akan memonitor. Kami harapkan sampai 2019 ini sudah clear,” kata perempuan yang kerap disapa Ani itu.

6. Manajemen klaim

Akar masalah lain ialah berhubungan dengan sistem di BPJS Kesehatan sendiri. BPKP menemukan ada yang klaim ganda peserta, bahkan ada klaim dari peserta yang sudah meninggal.

Selain itu, ungkap Sri Mulyani, ada juga peserta tidak aktif tetapi klaimmya bisa dicairkan. Kata dia, BPJS berargumentasi itu tidak mungkin, tetapi BPKP menemukannya dalam audit.

“Sampai ada orang yang sudah meninggal, klaimnya masih masuk,” tutur Sri Mulyani.

Audit BPKP dilalukan di 25.528 fasilitas kesehatan yang masuk dalam sistem JKN. BPKP melihat jumlah akses kepesertaan dan klaim yang peserta sampaikan kepada BPJS.

Posted in Berita | Leave a comment